Dr. Sukardi
“Jalanilah hidup tanpa ketakutan, hadapilah semua
masalah dan yakinlah bahwa kita dapat mengatasi semua itu”
Tugas
kelompok
Sistem filosofi utama dan aplikasi terhadap olahraga
.( buku, 1, bab 5 hal 117-121)
1.
Hidayat nur seta
2.
Galih priyambada
3.
Bernabas wani
Minggu ke-3, tanggal 17-09-2014
presentasi
ketentuan
Ukuran 12, time new roman
Makalah terdiri dari
1. Pendahuluan
2. Isi
3. Kesimpulan
Pertemuan pertama, rabu, 3-09-2014
ü Ilmu keolahragaan
-
Ontologi:
Aktifitas fisik: dengan sasaran manusia fisik seutuhnya.
Menurut uu no.5 , 2003:
1. OR pendidikan
2. OR rekreasi
3. OR prestasi
Ciri-ciri menurut UNESCO: (badan yang menyelenggarakan pendidikan dunia)
1. Dengan unsur alam
2. Orang lain
3. Diri sendiri.
-
Epistemilogi
1. Struktur ilmu keolahragaan
2. Mencakupi cakupan teoritis
dan mmetodik
3. Teoritik
Taksonomi-gerak reflek, gerak dasar, gerak terampil
·
Pohon ilmu: mempunyai ilmu pendukunug antara lain fisiologi,
psycologi, sosiologi
Dedektik dan metodik
-
Aksiologi
1. Kegunaan untuk apa? (yang
berhubungan dengan oalhraga)
2. Memiliki nilai-nilai
FILSAFAT
OLAHRAGA
1.
Memberi pedoman aspek perlakkuan yang benar terhadap, subyek,
keilmmuan
2.
Kajian mencakup:
Berbuat terbaik tidak pernah
salah (filosofi olahraga)
Pertemuan kedua , 10-09-2014.
PENGANTAR
FILSAFAT OLAHRAGA.
Filsafat.
.
Memiliki
tanggung jawab penting dalam mempersatukan berbagai kajian ilmu untuk
dirumuskan secara padu dan mengakar ilmu olahraga dalam tiga dimensi ilmiahnya
sehingga kokoh dan sejajar dengan ilmu lain.
Yaitu:
1.
Ontologi
2.
Epistemelogi
3.
Aksiologi.
Olahraga adalah
aktivitas yang memiliki akar eksistensi ontologis sangat alami, yang dapat
diamati sejak bayi dalam kandungan sampai dengan bentuk2 gerakan terlatih.
Olahraga juga
adalah: permainan senada dengan eksistensi manusiawi sebagai makluk bermain
(homo ludens-nya huirizinaga)
Olahraga adalah
tontonan yang memiliki akar sejarah yang panjang, sejak jaman yunani kuno
dengan areta,agon, pentathlon sempai denagn ilympic games.
Olahraga adalah
fenomena multidemensi seperti halnya manusia itu sendiri.
FILSAFAT
OLAHRAGA
Ø Filsafat
olahraga merupakan perenungan akan keterlibatan manusia dalam aktivitas jasmani
Ø Mengkaji
pendidikan jasmani dan olahraga dari berbagai posisi pemikiran filsafat akan
mendukung penjelasan dan pemahaman tentang sifat, nilai, tujuan, signnifikan,
dan cakupan pendidikan jasmani dan olahraga.
Ø Dapat
memahami cakupan wilayah studi filsafat atau cabang filasafat.
Filsafat umum:
Ø Manusia
mencari kebenaran.
Ø Azas
pendirian yang dinilai kebenaran diyakini dan diterima oleh sekelompok orang.
Ø Filsafat
merupakan dasar / pedoman dalam mencari kebenaran untuk mencari pemecahan
masalah fundamental didalam kehidupan. (pandangan hidup / ideologi.)
Filsafat ilmu:
Ø Mempertanyakan
substansi objek yang diteliti untuk dipahami secara utuh. (totalitas),
dibandingkan dengan ilmu lain yang mempertanyakan objek untuk dipahami secara
parsial (salah satu objek saja) misalnya olahraga ekonomi, sosiologi kesehata.
Ø Dgn
ilmu filasafat diharapkan dapat dapat diharapkan mencari kebenaran secara utuh
/ intergran bukan persial
Ø Ilmu
dipertanyakan terus menerus, hasilnya disusun dalam suatu sistem tertentu.
(perkembangan ilmu)
Ø Penelitian
/ kajian tentang ciri pengetahuan ilmu dan cara memperolehnya
Ø Merupakan
bentuk pemikiran mendalam yang mendalam lanjutan (secondary reflection)
Perkembangan filasafat
Ø Filsafat
(filo=cinta, sofia=kebijaksanaan) manusia selalu berusaha mencari kebenaran
o Sebagai
mitos, dongeng, tahyul sejak dahulu mannusia berpikir, merenung mengapa alam
begitu teratur.
o Mencari
kebenaran dengan logika kita / spekulasi
o Apakah
arche (asaz) dari suatu yang ada?
o Socrates
filsafat dibawa ke alam kehidupan nyata / bumi. Penekanan nilai etik dan moral
untuk berpikir kritis.
o Menggunakan
metode dialektika, sesuatu dipertanyakan, jawabanya dipertanyakan terus
meneerus, sampai tidak bisa dijawab. Kemudian socrates memberi jaawabanya
metode ini pada waktu itu dianggap membahayakan eksistensi dan kehormatan para
dewa, sehinngga socrates dihukum mati socrates minum racun didepan para murid
sebagai pelaksana hukuman mati tersebut.
o Aristoteles
(murid socrates) mempertanyakan apa yang disebut ada.
Filsafat ilmu
dalah: filsafat yang mengantarkan filsafat ilmu pengetahuan
Filsafat mencari
kebenaran dengan pemikiran dan logika.
Filsafat adalah
induk dari ilmu. Terdapat tahap peralihan. Pengkajian menjadi lebih sempit.
Filsafat ilmu
menjambatani filsafat dengan ilmu pengetahuan.
Pengetahuan adalah
hasil tahu
Pengetahuan
adalah proses berpikir untuk menarik kesimpulan berupa pengetahuan
Tidak semua
kegiatan berpikir adalah penalaran
Penalaran
adalaha kegiatan berpikir yang mempunyai karakteristik tertentu dalam kecapaian
kebenaran.
Penarikan kesimpulan
dianggap sahih (valid) apabila
Pendidikan
mempunyai,
Filsafat olhraga
1.
Pemikir
2.
Ilmuwan
3.
Filosofer
4.
Skeptik
5.
Liberabor
6.
Minoritas
Perkembangan
filosofi olahraga
1.
Periode primitif: pola
pemikiran yang kuno,
2.
Periode formatif:
3.
Periode kreatif: berkembang
Ciri-ciri
berpikir filosofi
1.
Berpikir dengan
menggunakan disiplin berpikir yang tinggi
2.
Berpikir secara
sistematis
3.
Menyususn suatu skema
konsepsi
4.
Menyeluruh
4 persoalan yang
yang ingin dipecahkan oleh filasafat:
1.
Apakah sebenarnya
hakekat hidup itu? Permasalahan ini dipecahkan oleh metafisika.
2.
Apakah yang dapat saya
ketahui? Permasalahan ini di kupas oleh epistemelogi (teori)
3.
Apakah manusia itu?
Masalah ini dibahas oleh atropologi filsafat
Keterampilan
kompetensi yang diberikan oleh allah:
1.
Spiritual
2.
Intelektual
3.
Emosional
4.
Sosial
5.
Fisik
Nilai-nilai olahraga indonesi:
1.
Prima (fisik,emosional,sportifitas)
2.
Persainagan (persatuan)
3.
Persahabatan yang tidak pernah pudar
4.
sportifitas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar